Cara Memilih dan Ciri Jam Tangan Pria Keren Anti Air

Jam tangan atau arloji menjadi bagian dari mode yang selalu mengalami perkembangan. Berbagai jenis arloji pria dan wanita setiap saat hadir dengan model dan teknologi yang semakin modern dan kekinian. Termasuk juga jam tangan pria keren anti air yang sangat disukai oleh mereka yang berjiwa petualang. Semakin banyak produk tersebut hadir di pasaran dengan berbagai rentang harga.

Jam tangan anti air atau istilahnya water resistant pastinya akan memiliki harga yang lebih mahal daripada arloji biasa. Hanya saja kadang karena kurangnya pengetahuan kita tertipu atau salah membeli barang tersebut. Memang harganya mahal seperti jam tangan anti air pada umumnya hanya saja ternyata itu adalah produk aspal atau KW. Tentu saja hal tersebu akan sangat mengecewakan Anda.

Nah, untuk itulah sebelum membeli jam tangan pria keren anti air Anda harus tahu dulu cara memilih barang yang berkualitas. Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini agar mendapatkan arloji keren yang bagus dan original.

Tips Memilih Jam Tangan Anti Air

Pilih yang Akan Menambah Nilai Penampilan

Sebelum memutuskan untuk membeli atau tidak, sangat disarankan Anda mencoba jam tangan tersebut lebih dulu. Kemudian berdirilah di depan cermin dan lihat dengan seksama bagaimana pengaruhnya pada penampilan Anda. Jangan terburu-buru melepaskan arloji sampai Anda yakin bahwa penampilan Anda menjadi lebih enak dipandang saat mengenakannya.

Jenis Tali Pada Arloji

Pilih juga jenis tali yang mana yang paling cocok untuk Anda saat akan membeli jam tangan pria keren anti air tersebut. Pada umumnya di pasaran tali arloji ada 5 jenis yaitu stainless steel, kulit, kanvas, rubber dan titanium. Masing-masing bahan tersebut memiliki karakter sendiri, seperti berikut :

  • Stainless stell : cocok untuk yang ingin tampil mewah dan elegan, hanya saja kurang cocok untuk melakukan aktivitas outdoor.
  • Kulit : akan menimbulkan kesan perlente (dandy) dan mempesona, tidak cocok juga untuk melakukan aktivitas yang bersentuha dengan air seperti diving.
  • Rubber : cocok untuk dipakai pada aktivitas outdoor, olahraga dan mobilitas yang padat. Hanya saja tidak menyerap keringat sehingga bisa menimbulkan iritasi pada kulit.
  • Kanvas : cocok untuk pria yang ingin tampil cuek dan tetap cool. Hanya saja tali kanvas pada jam tangan pria keren anti air mudah basah dan keringnya lama.
  • Titanium : akan membuat penampilan mewah seperti rantai stainless hanya saja titanium akan terasa lebih berat. Hindari goresan pada rantai titanium tersebut.

Sesuaikan Dengan Ukuran Tangan

Sebagus apapun arloji atau jam tangan yang Anda pakai kalau ukurannya tidak pas justru akan mengurangi penampilan dan merepotkan. Jam dengan ukuran yang kekecilan akan membuat pergelangan tangan menjadi sakit dan meninggalkan bekas. Sedangkan jika tali pada jam tangan pria keren anti air pasti akan merepotkan dan membuat Anda tidak nyaman.

Dipadukan Dengan Aksesoris atau Tidak

Banyak kaum pria yang tidak hanya suka mengenakan jam tangan saja tetapi juga aksesoris seperti gelang. Nah, sebaiknya Anda memikirkan apakah saat memakai jam juga akan mengenakan gelang secara bersamaan. Kalau iya tentu Anda harus memilih arloji yang cocok untuk dipadukan dengan aksesoris.

Kalau Anda suka mengenakan arloji dengan paduan gelang di sisi tangan yang lainnya pilih tali yang berkesan cuek seperti kanvas misalnya. Selain itu cukup kenakan gelang sebanyak 2-3 buah saja agar tidak tampak seperti penjual aksesoris. Jam tangan pria keren anti air dengan rantai stainless atau titanium jelas kurang cocok dipadukan dengan gelang.

Dipakai di Kanan atau Kiri

Tidak ada aturan baku dalam pemakaian arloji apakah itu di tangan kanan atau kiri semua tergantung selera. Begitupun apakah akan menghadap ke atas atau ke bawah. Tetapi sedikit banyak cara pakai arloji ini akan berpengaruh juga pada penampilan. Jadi saat mencoba arloji sebaiknya Anda kenakan sesuai dengan kebiasaan agar bisa dilihat apakah cocok atau tidak.

Setelah Anda tahu bagaimana cara untuk memilih jam tangan pria keren anti air yang cocok untuk dipakai penampilan Anda pasti akan semakin mempesona. Fungsi jam tangan pada jaman sekarang bukan lagi sebatas sebagai penunjuk waktu tetapi juga untuk menambah penampilan.

Selanjutnya Anda juga harus mengetahui bagaimana ciri dan karakter dari arloji water resistant. Tujuannya adalah agar Anda bisa menyesuaikan mana yang pas dengan kebutuhan.

Ciri dan Jenis Jam Tangan Anti Air

Water Resistant

Meskipun termasuk jam tangan anti air tetapi sebenarnya jenis water resistant saja sebaiknya jangan sampai basah. Tapi memang untuk jenis cipratan air yang kadarnya ringan atau hanya sedikit, jam tangan jenis ini masih bisa bertahan. Yang harus dihindari adalah paparan air yang bisa masuk ke dalam mesinnya sehingga menyebabkan arloji rusak atau mati.

Water Resistant 30 M (100 Feet/ 3 ATM)

Jam tangan pria keren anti air jenis ini cukup untuk menahan pengaruh air pada kedalaman mencapai 30 meter. Selain itu juga bisa bertahan di dalam air selama 30 menit dengan kedalaman 1 meter. Kalau hanya kena air dalam rutinitas harian seperti wudhu, cuci tangan, mandi dan sebagainya, arloji ini tidak akan mengalami masalah. Jenis ini memiliki daya tahan yang baik pada uap air, keringat dan hujan.

Water Resistant 50 M (160 Feet/ 5 ATM)

Karakteristik dan daya tahannya sebenarnya mirip dengan jam tangan anti air 30 M. Tetapi untuk jenis ini bisa tahan dengan air hingga kedalaman 50 meter. Selebihnya jam tangan jenis ini sama dengan kelas water resistant 30 M.

Water Resistant 100 M (300 Feet/ 10 ATM)

Ini adalah jenis jam tangan pria keren anti air yang cocok untuk Anda yang suka dengan olahraga menantang. Anda bisa mengenakan jam tangan tipe ini untuk melakukan aktivitas ekstrem seperti snorkeling, renang, terjun payung, gantole dan sejenisnya. Menggunakan jam tangan jenis ini Anda bisa menyelam hingga kedalaman 100 meter tanpa khawatir arloji akan menjadi rusak atau mati.

Water Resistant 200 M (660 Feet/ 20 ATM)

Orang yang hobi melakukan segala macam olahraga air bisa mengenakan jam tangan jenis ini. Olahraga air seperti menyelam akan nyaman dengan jam tangan water resistant 200 M tersebut. Tahan hingga kedalaman mencapai 200 meter, Anda bisa dengan tenang mengenakannya saat menyelam di lautan.

Water Resistant 300 M (1000 Feet/ 30 ATM)

Jam tangan pria keren anti air yang cocok bagi mereka penggemar scuba diving. Jam tangan atau arloji jenis ini bisa dipakai pada kedalaman 30 meter dalam durasi waktu lebih dari 2 jam. Pengujian pada arloji ini dilakukan pada kedalaman air 300 meter.

Water Resistant 500 M (1650 Feet/ 50 ATM)

Kalau Anda ingin melakukan scuba diving hingga kedalaman 50 meter, paling pas mengenakan jam tipe ini. Anda bisa melakukan scuba selama 2 jam dengan kedalaman 50 meter dan jam tangan akan aman. Jam ini telah diuji dengan kedalaman air 50 ATM atau 500 meter.